Contoh Paragraf Generalisasi,Analogi dan Sebab – Akibat


Paragraf Generalisasi adalah paragraf yang isinya menarik kesimpulan berdasarkan data yang sesuai dengan fakta.
Paragraf generalisasi ini merupakan salah satu dari paragraf induktif dimana paragraf induktif ini disusun mengikuti pola penalaran induktif. Paragraf ini disusun dengan cara menguraikan beberapa kalimat penjelas yang berisi fakta, bukti, contoh, atau ilustrasi sebagai data empiris yang bersifat khusus pada awal paragraf dan diakhiri dengan kalimat utama sebagai kesimpulan yang bersifat khusus. Paragraf generalisasi ini disusun dengan cara menyajikan beberapa kalimat penjelas sebagai alasan bersifat khusus untuk diambil sebuah kesimpulan bersifat umum pada akhir paragraf sebagai kalimat utama.

Contoh kalimat:

“Direktur Utama PT.KOMPUTER JAYA Mustafa Abubakar memperkirakan bahwa kekurangan komponen IC di sejumlah daerah tidak akan mengganggu stok komponen IC nasional. Bahkan, rencana impor 2007 akan diundur untuk 2008 karena produksi komponen IC dalam negeri dalam beberapa bulan mendatang mencukupi. Mustafa menjelaskan bahwa stok komponen IC per Juli 2012 sebanyak 1,63 juta komponen cukup untuk kebutuhan mahasiswa selama 7 bulan. Rencana pengadaan 1,8 juta komponen tahun ini sudah terpenuhi 1,53 juta komponen dari pembuatan pabrik. Impor komponen IC 2012 diperkirakan hanya 1,3 juta komponen, lebih sedikit 200.000 komponen dari rencana impor tahun 2012. Dengan demikian, cadangan komponen nasional masih dapat mencukupi kebutuhan mahasiswa dan tidak perlu dikhawatirkan sampai akhir 2012 “

Paragraf Analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak menandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Paragraf analogi ini merupakan bagian paragraf induktif.

Contoh Kalimat :

“Perubahan alam semesta yang mengembang dapat dijelaskan dan disimpulkan dari apa yang terjadi pada komputer yang tersambung ke WIFI. Sebelumnya, komputer itu di koneksikan. Ketika komputer terkoneksi, jaringan pada pada komputer tersebut akan berubah. Semakin banyak jaringan yang kita dapat maka akan semakin cepat prosses internet yang kita sedang jalankan.”

Paragraf Sebab Akibat adalah paragraf yang pernyataan menjadi sebab didahulukan kemudian diikuti akibat yang ditimbulkannya. Paragraf sebab akibat ini dikembangakn dengan proses berfikir kausatif. Proses berfikir ini menyatakan bahwa suatu sebab akan emnimbulkan akibat. Sebab menjadi ide pokok dan akibat menjadi ide penjelas. Hubungan sebab akibat ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: satu sebab menimbulkan satu akibat, satu sebab menimbulkan banyak akibat, serta sebab akibat berantai.

Contoh Kalimat :

“Komputer / laptop tidak dapat dipisahkan dari manusia,karena barang tersebut sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan,namun manusia jadi sangat tergantung dengan komputer / laptop.”

Diposkan oleh febri candrawan di 10:01 0 komentar
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook
Penulisan Ilmiah Bab 1

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini semakin cepat dan pesat, terutama dalam hal teknologi program aplikasi yang berguna untuk membantu memenuhi pengolahan data ,mengenai keamanan data, dan pembuatan laporan bagi suatu instansi sektor perusahaan, sektor pemerintahan, bahkan dalam sektor pendidikan.
Sehubungan dengan pendidikan maka tidak akan pernah lepas dari yang namanya pendaftaran dan penerimaan siswa baru untuk sekolah – sekolah negeri maupun sekolah – sekolah swasta. Untuk mengevaluasi sistem informasi pendaftaran dan penerimaan siswa baru, maka membutuhkan kerja sama antara calon siswa baru dan pihak sekolah terutama dalam syarat – syarat pendaftaran.
Proses pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru di SMA N 2 SLAWI belum terkomputerisasi. Dalam pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru di SMA N 2 SLAWI belum menggunakan suatu aplikasi yang khusus. Proses pengolahan dalam pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru di SMA N 2 SLAWI masih manual dikerjakan oleh pihak – pihak yang terkait didalamnya. Didalam proses ini masih terdapat beberapa kelemahan dalam pelaksanaannya karena membutuhkan waktu yang tidak sedikit bagi para pihak terkait.
Oleh sebab itu penggunaan sistem informasi yang telah terkomputerisasi sangatlah penting dan berguna khususnya dalam pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru. Pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru dengan menggunakan sistem komputerisasi dapat membantu para siswa termasuk sekolah karena pengisian data bagi calon siswa baru bisa diakses dimana saja melalui internet dan dapat menghemat waktu dan tenaga.
Dengan adanya permasalahan yang ada maka timbulah bagi penulis untuk mencoba membuat suatu sistem pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru bagi SMA N 2 SLAWI berbasis web menggunakan php dan mysql guna untuk mempermudah proses pendaftaran dan penerimaan calon siswa.

1.2 Perumusan Masalah
Dengan adanya permasalahan yang ada pada penulisan Karya Akhir ini, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
“Bagaimana membuat sebuah sistem informasi pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru yang mampu mendukung proses pengolahan data yang mempunyai nilai keamanan pada data sehingga hasil yang dicapai menguntungkan bagi para penggunanya”
1.3 Batasan Masalah
Batasan dalam pembuatan Karya Akhir ini adalah merubah sistem informasi pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru di SMA N 2 SLAWI yang masih manual menjadi sistem informasi yang terkomputerisasi. Pembuatan sistem informasi ini hanya dibatasi dengan pendaftaran dan penerimaan calon siswa,yaitu 1) pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru, 2) input ijazah terakhir,dan 3) pencetakan laporan data. Dalam pembuatan sistem informasi pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru ini menggunakan php dan mysql.
1.4 Manfaat dan Tujuan Penulisan
1.4.1 Manfaat Penulisan
· Bagi penulis
Dapat memanfaatkan pengetahuan tentang sistem informasi yang terkomputerisasi yang didapatkan dibangku kuliah di Universitas Nasional untuk segala aspek lingkungan pekerjaan khususnya pada bidang pendidikan.
· Bagi SMA N 2 SLAWI
Untuk mempermudah dalam mengelola, menyimpan, pencarian data serta pencetakan data bagi calon siswa dan pihak – pihak yang terkait didalamnya serta dapat menghemat waktu dan tenaga.

1.4.2 Tujuan Penulisan
Tujuan dalam penulisan Karya Akhir ini adalah untuk menganalisa sistem informasi pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru yang berjalan di SMA N 2 SLAWI dan bagaimana membuat sebuah alternatif untuk pemecahan masalah dengan cara menerapkan sistem informasi yang terkomputerisasi sebagai salah satu pemecah masalah di SMA N 2 SLAWI. Sehingga mendapatkan suatu hasil yang maksimal dalam pengolahan data, tepat, serta data – data pengolahannya lebih akurat.
Penulisan ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk kelulusan pada program Diploma III (D3) untuk Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika program studi Manajemen Informatika di Universitas Nasional Jakarta.
1.5 Metode Penelitian
Didalam penyusunan Karya Akhir ini, tentunya harus diperlukan informasi – informasi akurat yang berhubungan dengan topik permasalahan yang dibahas, oleh sebab itu penulis menggunakan metode – metode penelitian sebagai berikut ini :
1. Studi Lapangan
Penulis melakukan wawancara secara langsung kepada pihak – pihak yang terkait didalam sistem informasi pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru di SMA N 2 SLAWI guna mengetahui langsung lebih jelasnya bagaimana sistem informasi pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru di SMA N 2 SLAWI.
2. Studi Pustaka
Penulis dapat mengumpulkan data – data yang sesuai dengan judul penulisan Karya Akhir dari buku – buku yang berhubungan dengan pembuatan web menggunakan php dan mysql serta dapat dari sumber – sumber di internet.
1.6 Sistematika Penulisan
Agar penulisan Karya Akhir ini tersusun secara sistematik, maka masing – masing pembahasan utama dibagi ke dalam bab – bab sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjabarkan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, manfaat dan tujuan penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini pemulis membahas mengenai teori – teori dasar perancangan sebuah sistem informasi yang berbasis web untuk SMA N 2 SLAWI sebagai acuan dalam merancang sebuah sistem informasi yang membantu dalam pengelolaan pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru.
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN
Pada bab ini penulis membahas mengenai sejarah singkat berdirinya SMA N 2 SALWI, tujuan, visi dan misi, serta struktur organisasi pada SMA N 2 SLAWI ,analisa sistem berjalan, DAD sistem berjalan, tinjauan kasus, serta pemecahan masalah.
BAB IV DESAIN DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini penulis membahas mengenai rancangan umum sistem informasi yang diusulkan dan hasil implementasi sistem informasi pendaftaran dan penerimaan calon siswa baru di SMA N 2 SLAWI berbasis web.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini penulis membahas mengenai kesimpulan secara keseluruhan dari penjabaran – penjabaran bahasan bab – bab yang ada di dalam penulisan Tugas Akhir, serta saran dan harapan penulis kepada para pihak – pihak yang terkait dalam penulisan Tugas Akhir ini.
Diposkan oleh febri candrawan di 09:21 0 komentar
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook
Sabtu, April 28
Contoh : Karya ilmiah populer
Pada Selasa 6 maret 2012 lalu, dua lidah api raksasa terlontar dari Matahari. Memicu badai yang mencapai bumi dua hari sesudahnya. Meski dikatakan sebagai yang terbesar dalam 5 tahun, efeknya tak sampai merusak satelit yang mengorbit Bumi.

Namun, badai belum berakhir. Peneliti Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin memperkirakan, frekuensi dan kekuatan badai matahari akan semakin meningkat, seiring dengan waktu puncak masa aktif matahari yang terjadi antara tahun 2012 sampai 2014. Tahun 2013 menjadi klimaks siklus 11 tahunan badai matahari yang dimulai pada 2009.

“Badai Matahari akan timbul lagi dengan lebih kuat sampai puncak aktivitas matahari pada pertengahan 2013,” katanya kepada VIVAnews, Selasa 13 Maret 2012. Untuk frekuensi, lanjutnya, jika beberapa waktu lalu badai matahari terjadi sepekan sekali, kemungkinan saat ini sampai pertengahan 2013, dapat terjadi setiap hari. “Untuk kekuatannya juga meningkat, saat ini skala 6, dan menjelang puncak aktivitas bisa mencapai skala 9,” ujarnya.

Namun, masyarakat tak perlu khawatir, apalagi panik. Sebab, kekuatan skala 9 hanya berpotensi merusak satelit yang mengorbit bumi dan tidak menganggu aktivitas manusia di bumi. “Secara umum manusia tetap aman, kita dilindungi magnetosfer dan atmosfer,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pada tahun 2000 pernah terjadi, kekuatan matahari mencapai lebih dari skala 9, dan saat itu, hanya merusak satelit. “Hanya merusak operasional satelit, ada yang rusak sementara, juga ada yang rusak permanen,” lanjutnya.

Thomas menjelaskan bahwa badai matahari yang membawa partikel bermuatan akan dibelokkan oleh medan magnet bumi, dan satelit yang terkena partikel, mengalami kerusakan instrumen. Kerusakan satelit akan berdampak pada jaringan telekomunikasi dan sinyal satelit.

Sebelumnya, ilmuwan antariksa Maggie Aderin-Pocock mengatakan, ada lima atau enam badai besar lagi yang akan datang dalam 18 bulan mendatang.

Meski, sejauh ini, badai Matahari tidak memberi gangguan berarti pada teknologi di Bumi, apalagi sampai mengancam keberadaan manusia. “Tapi, badai ini baru permulaan,” kata Aderin-Pocock.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: